YOUNG ON TOP : Budi Purnomo

Budi Purnomo berhasil mentransmasi PT Taurus Gemilang, operator ‘lounge and F&B ‘di area transportasi, menjadi perusahaan berskala global.
Sejak memimpin perusahaan pada tahun 2013, PT Taurus Gemilang berhasil mengalami pertumbuhan bisnis hingga 350%.


ytcontent02   Anda sukses memimpin perusahaan di usia muda. Apa definisi bisnis menurut Anda? Bisnis adalah bagaimana kita mampu melihat peluang yang tidak dilihat orang lain, dan mampu mengeksekusinya dengan sempurna. Bagaimana cara Anda memimpin perusahaan dengan skala besar seperti Taurus Gemilang? Saya memberi contoh kepada pegawai dan memberikan kepercayaan untuk menjalankannya tanpa harus takut mengalami kegagalan. Dari mana Anda mempelajarinya? Saya mempelajarinya dari orang tua, terutama dari ibu saya. Beliau selalu memberikan contoh kepada para pegawai, karena beliau yakin jika hanya memerintahkan tanpa memberi contoh bagaimana melaksanakannya, pegawai belum tentu mampu menjalankannya dengan sempurna.
Seperti apa sosok ibu di mata Anda? Ibu adalah mentor terbaik. Dia mengajarkan untuk selalu membuka mata pada setiap kesempatan yang ada, dan melakukan check and recheck. Kedua hal ini selalu saya ingat dan jalankan. Apakah Anda dipersiapkan untuk menjalankan perusahaan ini sejak dini? Tidak! (Dia menjawabnya dengan tegas). Saya bergabung dengan PT Taurus Gemilang pada tahun 2010. Tiga tahun berselang (2013), kami melakukan tender internasional pertama kami (bandara Ngurah Rai Bali). Tender ini sangat penting bagi PT Taurus Gemilang, dan kami berhasil memenangkannya berdasarkan konsep yang saya berikan. Setelah pembuktian serta hasil tersebut, barulah tongkat kepemimpinan tersebut diberikan kepada saya. Di bawah kepemimpinan saya pula, bisnis PT Taurus Gemilang merambah dari hanya lounge ke area F&B dan kini menjalankan delapan lounge serta lebih dari 30 outlet F&B di tujuh bandara di Indonesia.

   Pertumbuhan bisnis (bukan hanya lounge saja, tapi juga dalam bisnis secara umum), tentu berdampak pada peningkatan revenue. sebesar apa peningkatannya? Sejak tahun 2013, pertumbuhan penjualan mencapai 350% Apa tantangan terbesar yang pernah Anda hadapi saat memimpin PT Taurus Gemilang? Tantangan yang terbesar ketika melakukan tender
pengelolaan lounge dan outlet F&B di Terminal 3 Bandara Sukarno Hatta, Jakarta. Tender tersebut diikuti lebih dari 30 perusahaan lokal serta luar negeri, dan kami berhasil memenangkannya. Sementara dalam konteks tantangan ekonomi, kami yakin konsep value for money mampu menarik konsumen. Ketika mereka memasuki outlet kami mereka mendapatkan pelayanan yang baik, merasakan nilai makanannya,
jadi walaupun mereka mengeluarkan uang di gerai kami, mereka puas. Apa yang Anda lakukan agar PT Taurus Gemilang selalu memenangkan persaingan? Pertama, Anda harus menentukan tujuan yang ingin dicapai dan percaya kepada proses. Kami mempunyai tim yang kuat dan fokus menganalisa orang-orang di area transportasi. Melalui analisa tersebut, kami memiliki keunggulan yang tidak dimiliki perusahaan lain. Bagaimana cara Anda meyakinkan client? SOP kami sangat baik dan tajam di area transportasi, semua karena pengalaman dan pemahan kami di area transportasi. Akhirnya client yang sebelumnya memiliki standar sendiri dapat melihat perbedaan yang kami tawarkan dan mengambil manfaat.


   Bisnis F&B identik dengan wanita.ytcontent01 Seberapa banyak pegawai wanita di PT TG? 90% pegawai di level manajemen adalah wanita. Mengapa? Karena saya mendapatkan contoh dari ibu saya. Wanita itu multi tasking, diberi pekerjaan dan tanggung jawab apa saja, mereka selalu mampu melakukannya. Bahkan pegawai pertama PT Taurus Gemilang adalah wanita dan sampai sekarang masih berkarya. Apa yang membuat mereka loyal? Prinsip perusahaan ini adalah kekeluargaan. Saya menambahkannya menjadi kekeluargaan yang profesional. Jadi saya menentukan standar yang jelas, menjalankan perusahaan dengan prinsip kekeluargaan namun mereka juga belajar untuk bersaing secara sehat. Konsep ini sangat berhasil. Apa langkah selanjutnya dari PT Taurus Gemilang? Kami akan melakukan perluasan bisnis usaha lounge F&B di area transportasi seperti di pelabuhan, MRT (mass rapid transportation), dan stasiun kereta. Kini kami sedang mematangkan konsep-konsep tersebut dan melakukan negosiasi dengan beberapa pihak. Sehingga pada saat infrasruktur pelabuhan, kereta api, dan MRT sudah siap, kami mampu memberikan konsep-konsep yang sesuai.


“Anda harus menentukan tujuan yang ingin dicapai dan percaya kepada proses.”